Browcyl Brownies Pisang Berdayakan Petani Pisang Lokal

Indonesia adalah salah satu negara penghasil pisang terbesar di dunia. Bahkan, menurut Kompas, Indonesia adalah negara penghasil pisang terbesar ketiga di dunia setelah India dan Cina. Berdasarkan laporan dari Katadata, produksi pisang di Indonesia terus meningkat tiap tahunnya sejak 2016 hingga sekarang. Tercatat, produksi pisang di Indonesia meningkat dari 7,28 ton pada 2019 menjadi 8,18 juta ton pada 2020.

Artinya, terjadi peningkatan hingga 12,39% dan diperkirakan angkanya akan jauh lebih tinggi pada akhir tahun 2022 nanti. Menariknya, hampir seluruh produksi pisang ini dikonsumsi di dalam negeri. Maka tak heran jika ada banyak sekali jenis makanan yang berasal dari hasil olahan pisang, mulai dari makanan tradisional hingga modern.

Di Kota Makassar sendiri, pisang adalah salah satu buah yang mudah ditemukan dan menjadi identitas Kota Daeng di mata pendatang. Sebut saja Pisang Epe’, Pisang Ijo, Pallu Butung, atau Barongko yang semuanya berbahan dasar pisang. Belum sah rasanya jika ke Makassar, tetapi belum mencoba makanan hasil olahan pisang.

Bergeser ke era modern, kini tidak hanya industri rumahan yang memproduksi makanan berbahan dasar pisang. Industri makanan kreatif pun banyak memanfaatkan pisang sebagai bahan dasarnya, salah satunya Browcyl Brownies Pisang yang juga memberdayakan petani pisang lokal Sulawesi untuk tiap produknya.

Melibatkan Banyak Pihak

Tak bekerja sendiri, Browcyl Brownies Pisang turut membuka lapangan pekerjaan dengan melibatkan berbagai pihak sebelum akhirnya pisang-pisang yang akan diolah menjadi produk brownies sampai ke dapur dan tangan pembeli.

Dimulai dari Tim Produksi dan Quality Control untuk memastikan kualitas pisang yang akan digunakan, Tim Procurement untuk mengidentifikasi kebutuhan dan evaluasi, hingga pelibatan distributor, pemasok, dan pengepul pisang yang berhubungan langsung dengan para petani pisang lokal.

Semua proses ini ditempuh demi memastikan pisang yang didapatkan berkualitas baik untuk menjamin kualitas produk yang dihasilkan.

Sudah Mulai Sejak Tiga Tahun Terakhir

Rupanya, Browcyl Brownies Pisang sudah mulai memberdayakan petani pisang lokal sejak tiga tahun terakhir. Browcyl Brownies Pisang bekerja sama dengan petani pisang dari berbagai daerah di Sulawesi Selatan seperti Gowa, Bantaeng, Bulukumba, Sinjai, hingga Sengkang.

Sebelum memutuskan untuk memasukkan pisang ke dapur Browcyl Brownies Pisang untuk diolah, tim terkait memiliki kriteria tersendiri. Misalnya untuk jenis pisang, Browcyl memilih pisang ambon berukuran besar dengan tingkat kematangan sedang. “Biasanya satu sisir pisang ambon berisi 14-16 biji. Diutamakan yang berkualitas baik. Ada juga pisang raja, tetapi tetap lebih dominan pisang ambon,” ungkap Sunarti Anwar, General Manager CV Kreasi Pisang Indonesia.

Meningkatkan Perekonomian Petani Pisang

Dalam seminggu, biasanya tim Browcyl Brownies Pisang akan membawa ribuan sisir pisang untuk diolah menjadi berbagai varian yang nantinya tersedia di seluruh outlet. Selain untuk melestarikan budidaya pisang lokal dan mencegah kelangkaan buah pisang, bekerja sama dengan petani pisang lokal juga sangat berpotensi meningkatkan perekonomian petani pisang di daerah-daerah.

Dari pengepul, pisang-pisang yang sudah dipanen akan dibawa ke gudang besar milik pemasok lalu disortir untuk mendapatkan pisang berkualitas bagus. Pisang-pisang yang layak akan dipindahkan ke gudang kecil untuk kemudian diseleksi kembali oleh Tim Quality Control. Proses yang relatif panjang ini dibuat untuk memastikan kualitas dan rasa produk yang diterima pembeli dan pelanggan adalah kualitas terbaik.

Tanpa Kendala yang Berarti

Meski selalu berusaha memastikan stok pisang di dapur terus tersedia, Browcyl Brownies Pisang juga kadang kala kekurangan stok. Kekurangan stok ini sering kali terjadi ketika Ramadan dan menjelang lebaran, dikarenakan konsumsi pisang warga Makassar yang juga meningkat, atau karena keterlambatan dari pihak distributor.

Namun, Browcyl Brownies Pisang tak kehabisan akal. Untuk mengatasi masalah kelangkaan pisang dan agar produksi tetap berjalan dengan baik, tim produksi akan memenuhi ketersediaan stok dengan membeli pisang di pasar-pasar tradisional.

Harapannya, dengan selalu tersedianya stok pisang di Browcyl Brownies Pisang tidak hanya membantu meningkatkan perekonomian para petani pisang, tetapi juga dapat memberi manfaat kepada semua orang yang terlibat di dalam roda perputaran bisnis Browcyl.